Minggu, 06 Maret 2016

Menjejaki Keindahan Pantai Tanjungsiambang

          


Siapa bilang Tanjungpinang tidak memiliki pantai yang indah menawan? Cobalah kunjungi Pantai Tanjungsiambang. Sihir senjanya membikin syahdu, pasir putihnya membikin rindu.

LARA ANITA, Kota Tanjungpinang

Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi salah satu pantai yang berada di Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari. Yap! Pantai Tanjungsiambang. Pantai ini terbilang perawan, karena belum banyak dikenal orang. Tapi, memiliki keindahan alam yang mempesona.

Dimana lokasi Pantai Tanjungsiambang? Itu menjadi pertanyaan wajib beberapa teman yang kemudian menanyakan gambar pantai yang pernah terpampang di display picture Blackberry Massanger (BBM, red) saya.

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri. Bagi pengunjung yang belum pernah datang, akan menemui sedikit kesulitan karena ketiadaan penunjuk jalan. Untuk menyiasatinya, bisa bertanya langsung kepada warga setempat. Perjalanan untuk sampai ke pantai ini juga memakan waktu relatif lama, yaitu sekitar 30 menit jika menggunakan sepeda motor. Itu pun tergantung dari mana pengunjung memulai perjalanannya, dan menggunakan kendaraan apa.

Dulunya, Dompak tidak dapat dijangkau dengan mudah karena merupakan satu pulau terpisah. Sampan dan juga pompong (perahu bermesin) merupakan satu-satunya alat transportasi yang digunakan untuk mencapai Dompak. Tapi semenjak Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri berada di Dompak, berbagai akses dibangun untuk mempermudah jangkauan, seperti jembatan dan jalan raya. 

Meskipun memakan waktu yang tidak sebentar, penat yang didapat dari jauhnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan Pantai Tanjungsiambang. Sangat disarankan berkunjung pada sore hari, karena cuaca pantai akan semakin bersahabat di kala senja. Pun menjelang senja, hembusan angin terasa menyenangkan. 

Pantai Tanjungsiambang memiliki garis pantai yang panjang, dengan pasir putih yang lembut ketika menyapa kulit. Perairan yang dangkal dan jernih dengan ombak yang tenang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak kecil. Mereka bermain di tepian sembari tertawa riang. Bahagia sekali.

Keindahan pantai ini tidak hanya dapat dinikmati dari tepi pantai. Tapi, bisa juga melalui dermaga yang menjorok ke laut. Uniknya, dermaga ini cukup panjang, karena menyesuaikan dengan kondisi pantai yang landai. Menanti matahari tenggelam sembari duduk di tepian dermaga, ditemani sejuk semilir angin senja juga menjadi pilihan yang tidak bisa ditampik. Gugusan pulau yang tampak sejauh mata memandang, kian menambah eksotisme pantai ini.

Pantai Tanjungsiambang berhasil membikin betah. Itu karena suasana yang damai, juga keindahan yang seperti tidak ada habisnya.***

         

      

2 komentar: